fbpx
Site Loader

syifaherbalalami.com – Paparan sinar matahari, cuaca yang ekstim dan kurang minum air mineral, ternyata dapat menyebabkan kulit bersisik. Kulit bersisik muncul akibat rusaknya lapisan kulit terluar, yaitu lapisan epidermis kulit, sehingga membuat kulit lebih kering dan retak. Kulit bersisik dapat terlihat seperti serpihan serpihan kecil atau ruam yang berwarna kemerahan pada kulit.

Penyebab Kulit Kering

Penyebab kulit kering dan bersisik sebagian besar adalah kondisi kelainan kulit. Berikut adalah beberapa penyebab kulit kering dan bersisik:

1. Eksim atau Dermatitis

Gangguan kulit ini sangat sering ditemui dan penyebabnya pun beragam. Jenis dermatitis dapat dibedakan berdasarkan sebabnya.

2. Psoriasis

Gangguan kulit ini terjadi akibat sel kulit baru yang tumbuh terlalu cepat, sehingga sel kulit tua tidak terkelupas dengan benar. Sel sel kulit tersebut akhirnya menumpuk dan berkelompok membentuk bercak tebal pada kulit.

3. Kutu Air

Kutu air terjadi akibat jamur dan umumnya muncul di sela sela jari kaki. Gejala lain dari kutu air adalah kulit gatal, memerah, pecah pecah bahkan melepuh.

4. Hipoparatiroidisme

Hipoparatiroidisme adalah sebuah kelainan langka yang terjadi akibat tidak cukupnya hormon paratiropid (PTH) yang dihasilkan oleh kelenjar paratiroid. Kurangnya PTH membuat kadar kalsium dalam tubuh menurun, sedangkan kadar fosfor meningkat.

5. Pitiriasis Rosea

Pitiriasis rosea adalah kondisi munculnya ruam merah pada kulit yang ukurannya agak besar lalu dikelilingi dengan ruam ruam yang lebih kecil.

6. Iktiosis Vulgaris

Iktiosis merupakan sebuah penyakit langka yang dipicu oleh mutasi gen. Gangguan kulit ini memicu terganggunya pembentukan keratin kulit, sehingga kulit menjadi kering dan bersisik.

7. Dermatomiositis

Dermatomiositis merupakan suatu peradangan yang ditandai dengan melemahnya otot dan juga gangguan kulit seperti munculnya ruam kehitaman pada kulit dan juga kulit bersisik.

Baca juga; Atasi Gangguan Pencernaan dengan Madu

Manfaat Madu Untuk Mengatasi Kulit Kering

Madu dianggap sebagai salah satu pelembab alami terbaik yang mengandung antioksidan, anti mikroba dan membantu mengunci kelembapan dalam kulit sehingga terlihat lebih halus dan lembu. Ditambah, madu memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Cara menggunakan madu untuk mengatasi kulit kering dan bersisik:

1. Sebagai Facial Scrub

Untuk mengatasi kulit kering dan bersisik dengan madu dapat digunakan sebagai facial scrub. Madu dapat mengangkat sel sel kulit kering yang menempel pada permukaan kulit. Sehingga membuat kulit lebih bersih dan lembab. Cara membuatnya:

  • Siapkan madu, minyak zaitun, gula merah dan jus lemon
  • Campur semua bahan ke dalam sebuah wadah
  • Oleskan secara tipis tipis dan perlahan ke seluruh permukaan kulit wajah
  • Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air bersih

2. Sebagai Body Scrub

Cara membuatnya:

  • Siapkan dua cangkir madu dan minyak biji anggur
  • Campurkan semua bahan ke dalam sebuah wadah
  • Usapkan dan gosokkan lulus pada seluruh permukaan kulit kering dan bersisik
  • Diamkan selama setengah jam atau sampai kering
  • Setelah kering, mandi sampai bersih

3. Sebagai Stronger Exfoliator

Untuk mengatasi kulit kering dan bersisik, anda bisa memanfaatkan madu untuk exfoliator (zat pengelupas kulit) sehingga kulit kering dan bersisik dapat terkelupas sampai kulit menjadi bersih kembali. Cara membuatnya:

  • Campurkan dua kuning telur dan 2 sendok madu
  • Aduk hingga menjadi pasta
  • Hangatkan campuran pasta dalam wadah anti panas selama beberapa menit
  • Oleskan pasta madu ke bagian kulit kering dan bersisik kemudian diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih

Sumber:

kawaiibeautyjapan.com/article/3392/3-cara-mudah-memanfaatkan-madu-untuk-mengatasi-kulit-kering

doktersehat.com/penyebab-kulit-bersisik/

hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/5-ramuan-alami-mengatasi-kulit-kering/

syifaherbalalami