fbpx
Site Loader

Syifaherbalalami.com – Bidara atau widara (Ziziphus mauritiana) adalah sejenis pohon kecil penghasil buah yang biasanya tumbuh di daerah kering.Pohon bidara dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 15 meter dengan ranting dan cabang yang banyak dan berduri. Daun bidara berbentuk oval dengan permukaan yang halus. Daun bidara juga sudah beberapa kali disebutkan dalam Al Quran dan hadist hadist nabi Muhammad SAW. Hal tersebut menunjukan bahwa daun bidara memiliki manfaat khususnya bagi kaum muslim. Berikut adalah ayat al quran mengenai manfaat daun bidara:

1. Surat As Saba ayat 16

Kami ganti kedua kebun mereka dengan dua kebun yang ditumbuhi (pohon pohon) yang berbuah pahit, yaitu pohon Atsl dan sedikit pohon Sidr (pohon bidara dalam bahasa Arab).

2. Surat Al Waqiah ayat 27 – 32

Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada di antara pohon bidara yang tidak berduri dan pohon pisang yang bersusun susun (buahnya), dan naungan yang terbentang luas dan air yang tercurah dan buah buahan yang banyak.

Selain itu, daun bidara juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti dapat mencegah kanker dan tumor, menurunkan deman, menurunkan tekanan darah dan melancarkan peredaran tinggi. Berikut adalah manfaat daun bidara dalam melancarkan peredaran darah.

Manfaat Daun Bidara Untuk Melancarkan Peredaran Darah

Sirkulasi darah yang tidak lancar dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Darah merupakan salah satu bagian yang penting dalam tubuh, darah membawa nutrisi dari makanan dan pasokan oksigen yang nantinya akan di edarkan ke seluruh tubuh. Aliran darah yang lancar akan berdampak pada kinerja sel dan organ vital tubuh seperti otak. Tanpa aliran darah yang lancar maka kinerja organ tadi dapat menurun yang tentunya akan berdampak bagi kesehatan.

Penyebab Peredaran Darah Tidak Lancar

1. Penumpukan Lemak Pada Arteri Darah

Sebenarnya kolesterol adalah zat yang diproduksi oleh hati secara alami. Namun, penumpukan lemak dalam tubuh yang berasal dari makanan dan minuman cepat saji akan menyebabkan aliran darah menjadi terhambat.

2. Radikal Bebas

Radikal bebas selain mempercepat penuaan dini, ternyata mampu mengambat peredaran darah.

3. Kurangnya Asupan Air Putih

Kurangnya air putih dalam tubuh akan menyebabkan darah menjadi mengental dan terjadi penyumbatan. Air putih adalah cairan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit serta memperlancar sistem metabolisme tubuh.

4. Penumpukan Zat Asam Dalam Tubuh

Penumpukan zat asam dalam tubuh dapat menyebabkan penggumpalan di pembuluh darah dan menghambat peredaran darah.

5. Kurang Berolahraga

Kurang berolahraga dapat menyebabkan lemak menjadi menumpuk dalam tubuh. Seperti yang diketahui penumpukan lemak dalam tubuh dapat menghambat peredaran darah. Untuk itu, sebaiknya berolahraga secara rutin agar peredaran darah lancar.

Manfaat Daun Bidara Untuk Melancarkan Peredaran Darah

Daun bidara bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dalam tubuh, diketahui bahwa peredaran darah yang tidak lancar dapat disebabakan oleh radikal bebas. Daun bidara dapat dijadikan sebagai masker kulit yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dari radikal bebas.

Selain itu, daun bidara sangat baik untuk melancarkan sirkulasi darah agar darah mengalir dengan lancar karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membuat darah mengalir dengan lancar. Peredaran darah ditentukan dengan asupan makanan yang mengandung gizi dan zat yang diperlukan tubuh. Seperti vitamin, beta karoten, protein, zat besi, karbohidrat dan zat lain yang terkandung pada daun bidara yang baik untuk kesehatan.

Sumber:

palontaraq.id/2019/01/13/29-manfaat-daun-bidara/

id.wikipedia.org/wiki/Bidara

newsflashr.com/dampak-peredaran-darah-terhambat-dan-cara-mengatasinya/

newtesblogger.blogspot.com/2018/02/45-manfaat-daun-bidara-untuk-kesehatan.html

syifaherbalalami